Kadisdikbud Siak Tidak Mengetahui Adanya Pungli, Padahal Wali Murid Sudah Heboh

banner 160x600

riaubertuah.id

SIAK SRI INDRAPURA ( Riaubertuah.id ) ~ Banyaknya Pungutan Liar ( Pungli ) di beberapa Sekolah di Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak. Komplain orang tua murid terkait adanya dugaan Pungli.

Dari beberapa item dugaan Pungli yang didapatkan, terkait MDTA bukan bagian dari kurikulum SD. Segala pembiayaan untuk MDTA juga ditanggung orangtua peserta didik.

Pembelian buku K13, untuk pembangunan uang lahan parkir dengan kesepakatan komite kelas. Beban buku kurikulum 2013 seharusnya ditanggung oleh dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), malah pihak sekolah membebankan ke peserta didik.

Belum lagi pungutan untuk Pramuka, karena eksra kurikuler Pramuka sebagai kegiatan wajib di sekolah yang dibiayai dana BOS.

Pungutan dibeberapa sekolah di kecamatan Bunga Raya, sangat membebankan Wali Murid, penghasilan saya sebagai buruh kasar hanya berapa lah pak, Yusuf Wali Murid, warga buantan lestari " Anak saya ada 3 orang yang masih sekolah di SMAN 1, SMPN 4, dan SDN 01, semua anak diwajibkan membayar, Kata Yusuf.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Kabupaten Siak, Lukman, Sos, Mpd, menurut Kadisdik dia mengaku heran dan tidak mengetahui adanya Pungli di Sekolah di kecamatan Bunga Raya, Jum'at ( 31/8/18).

"Terimakasih informasinya, ini menjadi atensi kami untuk menelusuri kebenarannya," kata dia kepada Riaubertuah.id.*