Manfaat Anak belajar menulis huruf Sambung

No comment 524 views
banner 160x600

riaubertuah.id

Penyalainews, Jakarta -Era digital membuat anak lebih terbiasa mengetik ketimbang menulis, terlebih menulis huruf sambung. Sebagian anak muda sekarang mungkin akan gelagapan jika diminta menuliskan nama mereka dengan huruf sambung yang tebal-tipisnya tertata rapi.

Di sekolah dasar, anak masih mendapat keterampilan menulis huruf sambung. Awalnya, mereka menorehkan setiap huruf dan garisnya pada buku garis tiga. Jika sudah lancar, bisa dilanjutkan dengan buku biasa.

Ada berbagai manfaat yang bisa diambil dari menulis huruf sambung. Berikut ini ulasannya, seperti dikutip Penyalainews dari laman Tempo.

1. Penulisan huruf sambung atau kursif menggunakan bagian otak yang berbeda. Cara ini dapat mengembangkan keterampilan motorik anak.

2. Aktivitas otak orang yang menulis dengan huruf sambung atau kursif lebih banyak daripada yang menulis dengan huruf cetak atau diketik.

3. Anak yang menulis dengan huruf sambung mempunyai lebih banyak kata dan ide.

4. Anak-anak yang belajar menulis sambung mendapat nilai lebih tinggi dalam hal membaca dan mengeja serta memiliki kemampuan lebih baik untuk menyimpan informasi.

5. Beberapa orang dengan ketidakmampuan belajar, seperti disleksia, atau cedera otak yang parah dapat memahami tulisan dalam huruf sambung daripada huruf cetak.

6. Banyak dokumen sejarah yang penting ditulis secara kursif, dan anak-anak yang tidak bisa menguraikan kata-kata kasar tidak akan bisa membacanya.

7. Menulis secara kursif atau huruf sambung masih diperlukan untuk menandatangani banyak dokumen. Sebab, tanda tangan umumnya menggunakan huruf sambung.

 

Editor : Rezky FM

Sumber : Tempo