Sapi Bali di Bengkalis Kerap Terjangkit Penyakit Jembrana

No comment 972 views
banner 160x600

riaubertuah.id

BENGKALIS, RIAUBERTUAH.ID - Penyakit Jembrana khusus menyerang pada sapi bali sering di takutkan oleh para peternak karena Penyakit Jembrana tersebut menyerang sistem kekebalan pada tubuh sapi.

Penyakit Jembrana ini sering terjadi pada Sapi Bali yang mengakibatkan kekebalan tubuh sapi cenderung menurun, sehingga sapi tersebut tidak akan bertahan hidup.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Bengkalis H M Mardani menyebutkan di Kabupaten Bengkalis penyakit tersebut sudah ditemukan apabila penyakit ini menyerang maka sapi bali tersebut akan lemah dan akan menyebabkan kematian.

"Untuk mencegah agar sapi bali ini tidak terserang jembrana minimal harus mendapatkan vaksinasi selama 4 tahun berturut turut, dalam satu tahun harus mendapatkan 2 x vaksin dengan rentang jarak 1 bulan sekali," ungkap Mardani, Kamis 18 Oktober 2018.

Mardani menambahkan, saat ini, untuk di Kabupaten Bengkalis sejak terakhir 2016 penyakit jembrana tersebut tidak ditemukan lagi namun sampai saat ini Dinas Pertanian tetap melakukan secara inten untuk melakukan vaksinasi.

"Di Kabupaten Bengkalis hampir 90 persen populasinya sapi bali, yang terbanyak yakni di Kecamatan Siak Kecil dan Bukit Batu, Mandau dan Kecamatan Pinggir," ujarnya.