Evaluasi SAKIP, Bupati Kasmarni Bersama Kepala PD Paparan Dihadapan KemenPAN-RB

banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU, opiniriau.com - Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Bengkalis tahun 2024, Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Sekretaris Daerah Bengkalis Ersan Saputra TH dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah (PD) paparan dihadapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI.

Melalui Ketua dan Anggota Tim Evaluator Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Aiaz Rajasa ekspose tersebut dilakukan di aula Hotel Jatra Pekanbaru Kamis, 18 Juli 2024.

Sesuai target orang nomor satu di Negeri Junjungan, Kabupaten Bengkalis inginkan naik level. Dari sebelumnya level B, menjadi BB pada tahun 2024.

“Besar harapan kami kepada tim evaluator untuk dapat mengevaluasi dan memberikan bimbingan kepada kami, agar bisa menjadi kabupaten yang mampu mewujudkan perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahan. Sebagaimana komitmen kami untuk mewujudkan predikat SAKIP BB,” ucap Sekda Bengkalis Ersan.

Dalam paparan tersebut, catatan hasil evaluasi SAKIP Kabupaten Bengkalis tahun 2023 lalu yang terdiri dari lima poin telah dilakukan perbaikan di SAKIP tahun 2024.

Bahkan Pemkab Bengkalis sangat berkomitmen untuk bisa meningkatkan SAKIP dengan penandatanganan komitmen Kepala Daerah dengan Kepala Perangkat Daerah pada 26 Februari 2024 lalu.

“Kami memberikan peringatan kepada Kepala PD yang mendapat nilai evaluasi internal dibawah BB akan kita lakukan evaluasi terhadap jabatannya. Lalu perbaikan dokumen perencanaan, monev dengan aplikasi Sicakeb, reward dan punishment,” lanjutnya.

Karena diyakini Bupati Kasmarni, dengan implementasi SAKIP yang efektif, pemerintah dapat merencanakan program dan kegiatan kemiskinan yang tepat sasaran, memantau dan mengevaluasi kemajuan program, serta meningkatkan akuntabilitas dan transparansi serta menurunkan tingkat kemiskinan.

Diakhir kegiatan tersebut, Sekda Bengkalis meminta kepada PD untuk memperbaiki catatan dari Tim Evaluator Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah menjadi catatan penting.

“Setelah dilakukan perbaikan dari catatan tim evaluator tadi, nantinya kita akan melakukan evaluasi kembali secara internal minggu depan,” kata Ersan.

Selain Sekda Bengkalis, turut serta dalam evaluasi SAKIP bersama KemenPAN-RB, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Syafri, Inspektur Daerah Bengkalis Radius Akima, Kepala Bappeda Bengkalis Rinto serta seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK

 

 

sumber : diskominfotik.bengkaliskab.go.id