Tahapan Pemilu 2024, Pantarlih Coklit Bupati Bengkalis Kasmarni

banner 160x600

riaubertuah.id

PINGGIR, opiniriau.com - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) menyambangi rumah Bupati Bengkalis Kasmarni di Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir, Sabtu pagi, 13 Juli 2024 untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis Agung Kurniawan beserta anggota, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis Usman dan anggota, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pinggir Adriyus, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Pinggir, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Muara Basung dan Pantarlih TPS 003 Desa Muara Basung.

Pada kesempatan itu, Pantarlih melakukan pencocokan data antara dokumen kependudukan Bupati Kasmarni sekeluarga dengan data milik KPU, dibuatkan tanda terdaftar serta diserahkan tanda bukti coklit data pemilih.

Dari coklit tersebut, Bupati Kasmarni bersama 4 orang keluarganya di dua Kartu Keluarga (KK) terdata sebagai pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 003, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir.

Bupati Kasmarni mengajak masyarakat untuk turut serta menyukseskan semua tahapan penyelengaraan Pilkada 2024, sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar, damai, dan aman.

“Mari kita sukseskan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis pada tanggal 27 November 2024,” ajak Kasmarni.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Negeri Junjungan itu juga berharap, masyarakat Bengkalis bisa mendukung proses coklit untuk pemutakhiran data pemilih.

“Saya juga berharap partisipasi dari masyarakat untuk datang ke TPS dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak November mendatang. Ramai-ramai kita penuhi TPS untuk menyalurkan hak suara, demi nasib daerah yang kita cintai selama 5 tahun kedepan,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Bengkalis Agung Kurniawan menyebutkan pelaksanaan coklit oleh Pantarlih di Kabupaten Bengkalis berjalan sejak 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Adapun jumlah petugas Pantarlih yang dilibatkan untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Bengkalis sebanyak 1778 orang.

Hingga saat ini,  diungkapkan Agung Kurniawan, data pemilih sementara berjumlah 455.122 orang dan telah dicoklit sebanyak 91,2 persen.

“Kami himbau, bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis yang belum merasa dicoklit, segera melapor ke petugas Pantarlih atau PPS terdekat agar terdata dan dapat manggunakan hak suara pada Pilkada 2024 ini,” tegasnya.#DISKOMINFOTIK

 

 

sumber : diskominfotik.bengkaliskab.go.id