Gas LPG 3 Kg Mengalami Kelangkaan di Rohul

No comment 1259 views
banner 160x600

riaubertuah.id

PASIRPANGARAIAN, RIAUBERTUAH.ID - Sudah dua pekan terakhir ini, gas elpiji atau LPG tabung 3 kilogram (kg) kembali mengalami kelangkaan di wilayah Rokan Hulu (Rohul).

Dampak kelangkaan tersebut banyak warga yang harus beralih ke LPG tabung 12 kg yang harganya mencapai Rp170 ribu diantar sampai ke rumah.

"Saya sudah mencari LPG 3 kilogram kemana-mana, tetapi tidak ada orang yang menjualnya sekarang ini," ungkap Syafri.

Kelangkaan LPG tabung 3 kg subsidi untuk masyarakat kurang mampu ini dibenarkan oleh Firdaus S.Sos, Sekretaris‎ Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Rohul.‎

Diakuinya, dampak kelangkaan LPG 3 kg, Disperindag Rohul bahkan sering menerima laporan dari masyarakat melalui telepon akhir-akhir ini, mempertanyakan penyebab kelangkaan LPG subsidi dari pemerintah.

Firdaus mengungkapkan kelangkaan LPG 3 kg terjadi di 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Rohul. Sekira dua pekan terakhir, masyarakat kesulitan mendapatkan LPG murah tersebut.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan 2 pangkalan LPG dan 7 agen di Rokan Hulu. Penyebab kelangkaan akibat adanya pengurangan jatah sebesar 50 persen dari pihak Pertamina," ungkapnya.

Firdaus menerangkan biasanya Kabupaten Rohul mendapat 4.000 tabung LPG 3 kg per pekan. Dampak pengurangan, saat ini Rohul hanya mendapat jatah 2.000 tabung per pekan.

Kelangkaan, kata Firdaus, bukan karena ada penimbunan atau permainan dilakukan oknum pangkalan dan agen, melainkan karena ada pengurangan kuota LPG dari Pertamina.

Meski demikian, memastikan kelangkaan LPG 3 kg, tambah Firdaus, Disperindag Rohul akan mendatangi pemilik 2 pangkalan dan 7 agen yang ada.

 

(Sumber : Riauterkini.com)