Mewakili Pj Gubri, Kadis Kominfotik Riau Buka Puasa Bersama PWI Riau

banner 160x600

riaubertuah.id

PEKANBARU, opiniriau.com - Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan menghadiri acara buka bersama yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau. Kehadiran dia di acara itu mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto. 

Buka puasa bersama diselenggarakan di Gedung PWI Riau, Jalan Arifin Ahmad, Pekanbaru, Selasa (2/4/2024). Turut hadr pada acara tersebut para Gubernur Riau pada masanya, Rusli Zainal, Syamsuar, serta Edy Natar Nasution.

Ikwan Ridwan mengatakan, bahwa keberadaan wartawan di tengah masyarakat sangat strategis dalam mendukung dan menyukseskan pembangunan suatu negara. Wartawan juga berperan penting dalam menyebarluaskan informasi terkait program dan capaian pembangunan kepada masyarakat.

"Di sinilah jalinan kemitraan yang baik antara pemerintah dan wartawan harus terjalin dengan erat," ujarnya.

Selain membantu dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, sebut Ikwan,  wartawan juga bisa membantu pemerintah dalam membangun kecerdasan dan kesadaran masyarakat. Hal itu dapat dibangun melalui pemberitaan yang konstruktif dan edukatif.

Lalu dikatakan, corak keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah juga dapat ditentukan oleh para insan pers. Untuk itu, Ikhwan mengajak insan pers untuk membuat narasi pemberitaan yang bersifat membangun.

"PWI sebagai salah satu organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia, sehingga harus mampu menjadi media untuk meningkatkan kompetensi wartawan di Indonesia. Tingkatkanlah kredibilitas dan profesionalisme para anggota, sehingga melahirkan insan pers profesional dalam menjalankan tugas," jelasnya.

Lebih lanjut, atas nama Pemprov Riau, Ikhwan Ridwan menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para wartawan di Provinsi Riau atas jalinan kerja sama yang telah terbangun.  Lalu dikatakan,  Pemprov Riau juga memiliki peran dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perkembangan industri media.

"Untuk itu, sudah sewajarnya kita bekerja sama dalam upaya menghadirkan komunikasi yang positif antara pemerintah dan masyarakat, termasuk dalam menyampaikan informasi kebijakan dan program pembangunan yang ada di Provinsi Riau agar dapat diterima baik oleh masyarakat secara jelas," tandasnya.

 

(Mediacenter Riau/Alw)

 

Sumber : https://mediacenter.riau.go.id/