Terbongkar! Ini Identitas Penjabat Wali Kota Pekanbaru Pengganti Muflihun

banner 160x600

riaubertuah.id

Riau, OpiniRiau.com - Sosok Penjabat Wali Kota Pekanbaru yang akan menggantikan Muflihun mulai terkuak. Disebut-sebut Pj Wali Kota Pekanbaru berasal dari pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tersiar kabar bahwa Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru akan dipegang oleh Risnandar Mahiwa. Risnandar saat ini menduduki kursi Direktur Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) pada Dirjen Politik dan PUM Kemendagri.

Pengangkatan Risnandar mengalahkan empat kandidat Pj Wali Kota Pekanbaru yang sebelumnya diajukan Pemprov Riau dan DPRD Kota Pekanbaru. Kemendagri kabarnya memutuskan Pj Wali Kota Pekanbaru merupakan pejabat yang berasal dari Kemendagri, bukan dari pejabat daerah yang berdomisili di Pekanbaru, Riau. "Ini bagus kalau Pj Wali Kota Pekanbaru berasal dari pemerintah pusat, bukan dari daerah. Agar Pilwako Pekanbaru bisa berlangsung lebih fair dan netral," kata seorang sumber SabangMerauke News, Selasa (21/5/2024).

Kemendagri belum memberikan pernyataan resmi ikhwal pengangkatan Risnandar sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru. Namun, kabarnya SK penetapan Risnandar sudah terbit.
Pelantikan Risnandar kemungkinan akan digelar Rabu (22/5/2024) besok di Pekanbaru. Soalnya, masa jabatan Muflihun akan berakhir pada Kamis (23/5/2024) besok bertepatan dengan Hari Waisak yang merupakan libur nasional. Risnandar merupakan pejabat karir di lingkungan Kemendagri. Pria kelahiran Luwuk, Sulawesi Tengah ini mengawali karir sebagai PNS sebagai Lurah Soho, Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah pada 2009 silam. Kemudian ia hijrah menjadi Kepala Sub Bagian Penyusunan Anggaran dan Program pada Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Kesbang dan Politik Kemendagri.

Sejak 2018 lalu, ia menduduki kursi Kabag Umum Sekretariat Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum di Kemendagri. Kemudian ia promosi menjadi Plt Direktur Organisasi Kemasyarakatan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri sejak 2021 lalu.
Kapuspen Kemendagri, Benni Irwan belum menjawab konfirmasi yang dikirimkan media ini ikhwal kebenaran pengangkatan Risnandar sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru.
Pejabat Pemprov Riau juga tidak bisa dimintai keterangan soal persiapan pelantikan Risnandar. (R-03)

 

 

www.sabangmeraukenews.com